Apa itu BlankOn Linux dan Kelebihan Linux

Cover Buku Panduan BlankOn Rote

1.1. Kelebihan Linux
Sebagai suatu sistem operasi, Linux secara umum memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan daripada sistem operasi lainnya. Berikut adalah kelebihan dari Linux :

    • Linux bisa didapatkan secara bebas tanpa perlu membayar lisensi. Anda juga bisa mengunduh kode               sumber Linux jika ingin melihatnya tanpa ada batasan apapun.

    • Linux memiliki koleksi perangkat lunak tersendiri yang sangat lengkap untuk keperluan laptop, desktop     dan server. Jika perangkat lunak yang tersedia terasa kurang, Anda dapat menambahkannya dengan mudah melalui repository yang tersedia.

    • Linux sangat stabil karena jarang sekali crash maupun hang. Anda juga tidak perlu bahkan tidak pernah melakukan restart jika melakukan konfigurasi sistem.

    • Linux lebih aman terhadap virus, karena selain jumlah virus di Linux sangat sedikit. Linux juga sangat ketat dalam hal pengelolaan keamanan.

    • Perbaikan kutu (bug) atau cacat yang terdapat di Linux sangat cepat, karena Linux dikembangkan secara komunitas dan setiap komunitas bisa memberikan masukan-masukan dan perbaikan untuk kutu atau cacat tersebut.

Apapun yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan, karena pada hakikatnya apa yang diciptakan oleh manusia tidak akan pernah sempurna. Berikut adalah berbagai kekurangan dari Linux :

    • Linux kurang memiliki dukungan dari produsen perangkat keras dalam hal penyediaan perangkat lunak pengendali (driver). Hampir semua perangkat lunak pengendali yang saat ini ada di Linux merupakan hasil jerih payah komunitas, dan sebagian kecil murni dukungan dari produsen perangkat keras.

    • Linux masih kurang didukung oleh beberapa pembuat permainan. Kebanyakan permbuat permainan masih menggunakan sistem operasi Microsoft Windows sebagai platform mereka.

1.2. Apa Itu BlankOn Linux?
    BlankOn Linux merupakan salah satu distro Linux yang berisikan perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan workstation. Dengan dipadukan oleh berbagai pernak–pernik khas Indonesia, distro ini sangat cocok digunakan untuk pengguna komputer di Indonesia.

    BlankOn Linux dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama Tim Pengembang BlankOn. Pengembangan BlankOn dilakukan secara terbuka dan gotong royong, sehingga siapa saja bisa turut berkontribusi untuk mengembangkan BlankOn agar menjadi lebih baik. BlankOn Linux juga bisa didapatkan oleh siapa saja tanpa perlu membayar untuk mengunduhnya. Bahkan, Anda bisa mendistribusikannya dan membagi-baginya secara bebas tanpa batas kepada siapa saja.

    Pengembangan BlankOn bukan semata-mata ingin membuat distribusi Linux baru, namun lebih dimotivasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas/terbuka, yang pada hakikatnya merupakan salah ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki semangat
bergotong-royong. Tim pengembang BlankOn percaya bahwa bangsa Indonesia mampu dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia dan oleh karena itu aktif mengundang siapa pun yang berminat dan memiliki semangat yang sama untuk bergabung dalam pengembangan BlankOn.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
tridi
AUTHOR
5 Maret 2013 pukul 09.23 delete

yang pasti semenjak w pakek linux w ga pernah ketemu sama yg namanya VIRUS MEMBODOHKAN, walalu bertemu ratusan error / bugs yang membuat kita aktif mencari info, dan kepuasan tersendiri jika bisa FIX..

Reply
avatar
ralali
AUTHOR
5 Maret 2013 pukul 09.26 delete

salam kenal para bloger, menanggapi postingan, saya baru pasang blank on patimura, mmm well tp ttp di pasangin gnom shell II, biar lebih ringan

tridi@justri kita malah bikin virus by vm were yah hahaha

Reply
avatar
tridi
AUTHOR
5 Maret 2013 pukul 09.27 delete

zzzzzzzz...w udah seneng aja ada yg bales, w kira author, taunya komentator jg, gpp.. vm were work station 8 cocok tuh di blank on lo bro, kan udah kernel 3.2.6 klo gasalah

Reply
avatar
vibro
AUTHOR
30 Maret 2013 pukul 09.24 delete

apa bedanya blankon 6 sama yang 7 gan..? saya mau install di hardisk apa bisa windowsnya ga di hapus

Reply
avatar
belajar linux
AUTHOR
13 April 2013 pukul 12.45 delete

sorry OOT GAN, nanya dong bagi template blog kayak blog ente dong cool n calm bgtg ane ngefans beradd

balas yah gan

Reply
avatar
16 Agustus 2013 pukul 20.58 delete

PUAS banget klo bisa selesein masalah di Linux :D

Reply
avatar
16 Agustus 2013 pukul 21.00 delete

bukannya makin berat gan dipasangin Gnome Shell? :D

saya sendiri lebih seneng sama XFCE xD

Reply
avatar
16 Agustus 2013 pukul 21.01 delete

maaf lama gak ngunjungin ini blog saya xD

Tertanda

Admin

Reply
avatar
16 Agustus 2013 pukul 21.02 delete

Pakai Dual Boot gan, biar Windowsnya bisa tetep jalan dan Linuxnya tetep jalan, tp pas pertama nyalain laptop cuman bisa milih satu mau pakai Linux atau Windows,

untuk bedanya saya sendiri kurang tau karena baru pakai saat ada BlankOn 7

Reply
avatar
16 Agustus 2013 pukul 21.02 delete

di bagian Footer ada gan :D
ini kalau belum ketemu jg http://iksandi.com/

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 November 2020 pukul 22.05 delete

Aku gatau mau ngetik apa;:

Reply
avatar